0822-1914-1914 seon.indonesia@gmail.com
    Search
    Exact matches only
    Search in title
    Search in content
    Search in comments
    Search in excerpt
    Filter by Custom Post Type
    Apa itu Search Engine - Jenis Search Engine - Manfaat Search Engine Google

    Apa itu Search Engine !

    Situs mesin pencari atau search engine memiliki peran tak tergantikan sejak pertama kali beredar di dunia maya. Banyak sekali pengguna internet terbantu dengan kehadiran layanan ini saat tengah berusaha mencari informasi akurat dan terpercaya meskipun belum mengetahui pasti arti sebenarnya dari istilah “search engine”.

    Dilansir dari laman Wikipedia Indonesia, mesin pencari merupakan kumpulan program untuk mencari dokumen atau informasi dengan kata kunci spesifik. Layanan ini segera menampilkan daftar kumpulan dokumen berdasarkan pencarian kata kunci yang berhasil ditemukan pada dunia internet. Mesin pencari dianggap kumpulan program yang mengarah pada layanan situs tertentu, dimana sebagian besar pengguna internet mengkaitkan dengan Google, Bing dan Yahoo.

    Adapun pengertian secara umumnya bahwa search engine termasuk salah satu pencarian yang memungkinkan pengguna internet untuk menemukan beragam dokumen dan informasi pada dunia internet alias World Wide Web. Dengan demikian pengguna lebih cepat memperoleh informasi dari berbagai situs dalam hitungan beberapa detik saja. Layanan situs mesin pencari paling laris manis, handal dan akurat saat ini adalah Google.

    Cara kerja search engine tergolong sederhana, yakni mengirim “sinyal” untuk mengumpulkan dokumen sebanyak mungkin. Pada layanan ini terdapat sebuah program bernama indexer dimana bertujuan membaca hasil pengumpulan dokumen dan menyusun indeks berdasarkan kata kunci yang tertera pada setiap dokumen. Setiap layanan seach engine mengusung algoritma paten untuk menghasilkan indeks akurat.

    Selain mempermudah pengguna internet mencari dokumen yang dikehendaki, layanan situs mesin pencari turut menyumbang trafik atau pengunjung menuju website milik pihak tertentu. Saat ini, hampir semua sektor industri tumbuh pesat berkat kehadiran situs mesin pencari yang mengembangkan ide pengoptimalan konten web sehingga mampu mendongkrak rangking (posisi) dalam hasil penelusuran dari kata kunci tertentu. Dari sini pulalah awal mula kehadiran Search Engine Optimization (SEO).

    apa itu search engine dan manfaat search engine

    Manfaat Search Engine !

    Kehadiran situs mesin pencari memberi banyak manfaat hebat bagi pengguna internet ataupun pemilik situs. Berikut ini tiga manfaat utama yang dirasakan langsung.

    1. Beragam informasi

    Internet menyimpan banyak informasi dan dokumen berharga. Situs mesin pencari mempermudah pencarian beragam informasi yang dikehendaki, mulai dari hasil studi universitas, ensiklopedia, diskusi umum hingga blog personal. Layanan tersebut memungkinkan pengguna mencari informasi berdasar sumber utama.

    2. Ketepatan hasil

    Situs mesin pencari mampu menyusun hasil pencarian yang tepat. Dengan meletakan dua tanda kutip (contoh: “baik”) maka daftar hasil penelusuran jauh lebih akurat. Beberapa layanan seperti Google atau Yahoo bahkan mempermudah pencarian spesifik menurut sumber web. Pengguna pun bisa memperoleh hasil efektif tanpa buang-buang banyak waktu.

    3. Keteraturan Dunia Internet

    Layanan situs mesin pencari dapat memberikan keteraturan dalam dunia internet dan website. Artinya bahwa beragam informasi yang tersebar luas di server seluruh pelosok dunia dikumpulkan pada satu wadah sehingga akses lebih mudah, kapanpun dan dimana saja. Ini berdampak positif bagi pemilik situs yang bisa memperoleh kunjungan secara gratis serta stabil.

    Apa itu Search Engine - Jenis Search Engine - Manfaat Search Engine

     

    Mengenal Jenis Search Engine !

    Mesin pencari saat ini dianggap sebagai metode terkuat dalam mempromosikan website via online. Para pemilik situs menganggapnya bagian dari Public Relation yang bekerja secara diam-diam dibalik layar. Hal ini semakin diperkuat hasil studi yang menyebutkan bahwa antara 40-80 persen pengguna internet menemukan informasi atau dokumen melalui fitur pencarian mesin pencari.

    Kehadiran situs mesin pencari menguntungkan pemilik situs, apalagi jumlah pengguna layanan ini mencapai 625 juta setiap hari seperti dilansir dari laman Searchenginewatch. Tak heran pemilik situs sangat tergantung pada layanan mesin pencari terutama demi menghasilkan trafik tertarget menuju website supaya berpeluang lebih besar untuk terjadinya pembelian. Situs mesin pencari juga selalu membawa pengunjung baru menuju website tertarget dengan penyusunan strategi optimasi yang tepat.

    Dalam mencari dokumen serta mempromosikan situs, maka pengguna internet dan pemilik website perlu mengenal beragam jenis seach engine, yakni:

    1. Crawler-Based Search Engine

    Layanan mesin pencari ini menggunakan program software otomatis untuk mensurvei dan mengkategorikan banyak laman web. Program yang digunakan oleh situs mesin pencari untuk mengakses laman web disebut spider, namun pada kondisi tertentu dikenal dengan nama lain seperti ‘crawler’, ‘robot’ atau ‘bot’.

    Spider akan mencari laman web, mengunduh dan menganalisa informasi terkandung pada laman web. Nantinya laman web segera ditambahkan ke database mesin pencari. Ketika pengguna internet melakukan pencarian, mesin pencari segera memeriksa database dari laman website yang mengandung kata kunci spesifk lalu menampilkan dalam bentuk daftar tautan (link).

    Daftar berupa tautan menuju website ditampilkan menurut pencarian kata kunci terdekat yang ingin ditemukan oleh pengguna internet. Crawler-based mesin pencari tanpa henti menelusuri internet untuk menemukan laman web baru lalu memperbarui informasi database sehingga pengguna selalu memperoleh informasi terbaru. Adapun contoh dari crawler-based mesin pencari yakni: Google dan Ask Jeeves.

    2. Direktori

    Layanan ini menggunakan editor manual alias keterlibatan langsung manusia untuk menentukan kategori suatu situs. Dengan kata lain, situs ditempatkan sesuai kategori spesifik pada database direktori. Editor manual secara spesifik akan memeriksa dan menilai sebuah situs berdasarkan informasi yang diperoleh dan memakai aturan berlaku. Ada dua layanan direktori terkenal sampai saat ini, yakni: Yahoo Directory dan Open Directory (dmoz.org).

    Beberapa direktori menawarkan layanan pembayaran. Jika suatu situs atau website ingin lebih cepat terindeks, maka wajib membayar sejumlah uang. Tapi, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, mengingat beberapa direktori juga menawarkan layanan gratis meski proses indeks memakan waktu cukup lama.

    3. Hybrid Search Engine

    Layanan Hybrid mengandalkan kombinasi sempurna antara hasil crawler-based dan direktori. Saat ini semakin banyak situs mesin pencari berpindah haluan ke model hybrid-based, namun dua layanan paling terkenal sebagai pencetus konsep tersebut adalah Google dan Yahoo.

    4. Meta Search Engine

    Layanan Meta SE mengambil data dari semua hasil yang ditampilkan oleh situs mesin pencari lainnya. Nantinya hasil pencarian tersebut dikombinasikan menjadi daftar pencarian berukuran besar. Adapun dua layanan meta mesin pencari paling terkenal yakni Metacrawler dan Dogpile.

    5. Search engine khusus

    Merupakan jenis SE yang dikembangkan secara khusus demi memenuhi kebutuhan pencarian lebih spesifik. Adapun layanan mesin pencari khusus seperti pencarian belanja (Yahoo Shopping), pencarian lokal (nzs), pencarian nama domain (freeparking), pencarian freeware & shareware (downloads.com) dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

    6. Pay per click (PPC)

    Salah satu layanan berbayar dari situs mesin pencari untuk keperluan marketing dan promosi web. Banyak situs memanfaatkan PPC untuk memperkenalkan atau mengiklan produk atau jasa kepada khalayak ramai agar lebih mudah diterima. Nantinya situs muncul di rangking paling teratas demi memperoleh klik lebih banyak. Google AdWords dan Bing merupakan dua layanan paling terkenal. dimana biaya yang dikenakan kepada pemilik situs berdasarkan klik atau Click-Through Rate (CTR).

    Demikianlah pengertian dasar, manfaat dan jenis dari search engine yang berdampak positif bagi pengguna internet di seluruh dunia. Kehadiran layanan ini turut mempermudah pemilik situs untuk mengoptimalkan konten dan penjualan produk ataupun jasa. Google merupakan situs mesin pencari terbesar dengan ratusan juta pengakses setiap hari, maka tak heran jika kebanyakan pemilik situs berusaha mengoptimalkan rangking web di google via SEO.

     

    Hubungi Kami

    Call Center :
    Phone: 0822-1914-1914
    Whatsapp: 0877-2471-5000
    BBM: 5FC5B65A

    Jam kerja:
    Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00

     

    8 + 4 =

    Visited 542 times, 1 Visit today

    About SEON INDONESIA information

    Kirim Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    /* */