0822-1914-1914 seon.indonesia@gmail.com
    Search
    Exact matches only
    Search in title
    Search in content
    Search in comments
    Search in excerpt
    Filter by Custom Post Type
    Ciri dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO header

    Ciri dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi !

    Membangun backlink berkualitas atau link building merupakan salah satu cara paling tepat untuk menempati posisi teratas dalam mesin pencari. Bila dilihat dari efeknya, situs dengan peringkat pertama pasti akan memperoleh pengunjung yang begitu banyak. Tapi semuanya tidaklah mudah untuk didapat karena saat ini search engine seperti google mulai memperketat diri dengan menyeleksi backlink-backlink tertentu. Jadi tidak semua backlink bernilai positif bahkan beberapa diantaranya dianggap spam (sampah). Dari alasan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa mencari backlink sebanyak-banyaknya akan cenderung kurang efektif sehingga perlu adanya pemahaman tentang strategi link building yang benar.

    Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan CEO google terkemuka di dunia Matt Cutts, beliau mengatakan “Apabila strategi utama link bulding anda adalah menulis komentar di berbagai website sampai –sampai sebagian link tautanya hanya berupa komentar saja dan tidak ada orang lain yang memberikan link terhadap website anda, maka suatu saat hal ini masuk dalam kategori strategi licik. Dalam tingkatan lebih tinggi, kami berhak mengambil tindakan terhadap manipulasi-manipulasi itu (strategi link licik) dimana kami rasa mengacaukan rangking”.

    Berkenaan dengan ungkapan inilah perlu adanya perubahan strategi dan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi demi mengamankan situs dari resiko penalti oleh search engine. Untuk penerapanya sendiri, hampir semua praktisi SEO sepakat jika memahami ciri cirinya adalah tahapan paling sederhana dan wajib diketahui. Berikut penjelasannya.

    Ciri dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO konten 1

    1. Link dari brand mention

    Link dari brand mention adalah teknik yang efektif untuk mempopulerkan sebuah brand situs walau agak sulit dalam penerapannya. Sebagai contoh, situs anda membahas tentang “toko baju” dan beberapa situs lain ikut menuliskan kata kata tersebut dalam sebuah artikel. Maka anchor teks itu bisa dijadikan sebuah link brand mention dengan cara menghubungi langsung ke pemiliknya. Tujuannya selain membuat link aktif juga memberikan backlink yang berkualitas tinggi. Adapun cara menemukanya haruslah memakai alat bantu seperti TalkWalker Alerts, Google Alerts, Fresh Web Explorer atau Mention sehingga memperoleh brand mention dari situs situs unggulan.

    Baca juga  Backlink Website, Pengertian Manfaat dan Jenis Backlink Website

    2. Lewat forum marketing

    Terkadang para blogger terlalu berobsesi mencari backlink sebanyak-banyaknya bahkan forum-forum marketing dijadikan tempat tautan link spam (sampah). Inilah cara yang salah! Bahwa forum itu wadah untuk silahturahmi sekaligus sharing ilmu bersama member lainnya. Maka dari itu, memanfaatkan suatu konten akan  dirasa lebih berguna sehingga kita juga memiliki kesempatan memperomosikan situs utama. Tekniknya bermula dari pembuatan akun yang lengkap, sharing dengan para member, menjawab setiap pertanyaan serta melakukanya secara berulang-ulang agar mulai dikenal oleh anggota forum. Setelah itu, barulah bisa menautkan link situs terhadap pembahasan topik tertentu. Namun jangan sampai lupa perhatikan rules forum.

    3. Link content sharing platform

    Jika suatu situs mendapatkan tautan link dari content sharing platform maka dapat dikatakan backlink tersebut memang berkualitas. Biasanya jenis ini seringkali diincar oleh para pemilik situs karena jelas tidak hanya menaikkan posisi ranking di search engine tetapi juga menyumbang trafik terbesar. Bukan tanpa alasan karena content sharing (sosial bookmark) sudah memiliki audiens sendiri sehingga  sangat bagus dalam mempromosikan sebuah situs. Contohnya, slideshare, kompasiana, lintas.me, vivalog, reddit, detik, medium dan sebagainya.

    4. Backlink  dari situs GOV dan EDU

    Tidak salah lagi, mendapatkan baclink dari situs GOV ataupun EDU menjadi andalan oleh kebanyakan blogger atau siter untuk meraih posisi rangking tertinggi di search engine. Mungkin ada yang belum tahu bahwa situs GOV dan EDU ternyata memperoleh tempat khusus sehingga sangat diprioritaskan daripada situs lainya. Cara mendapatkan backlink berkualitas dari website GOV dan EDU akan dibahas tersendiri pada tutorial berikutnya.

    5. Backlink dari situs berpagerank

    Anggapan jika page rank sudah dimatikan oleh search engine terbesar Google, nyatanya sampai sekarang menyisakan misteri tersendiri. Hal itu beralasan karena beberapa situs dengan page rank tinggi mampu bertahan di posisi SERP. Dengan begitu jenis backlink ini masih bisa dikatakan berkualitas dan patut dicoba untuk lebih melihat dampak positif atau negatif terhadap sebuah situs.

    Baca juga  Optimasi SEO Off page | Tutorial Off Page SEO Optimization

    6. Tautan link dari DA dan PA tinggi

    DA adalah Domain Authority sedangkan PA adalah Page Authority. Keduanya berperan dalam menentukan kualitas sebuah situs. Tidak hanya itu, perubahan algoritma oleh sejumlah mesin pencari seperti google  mulai melirik bahwa DA maupun PA mampu menjadi tolak ukur untuk berada di peringkat pertama. Jadi artinya semakin tinggi DA dan PA maka semakin bagus kualitas situs tersebut. Dengan memperoleh backlink yang berkualitas tinggi berdasar DA dan PA yang tinggi, diyakini akan meningkatkan peringkat halaman situs.

    7. Melalui broken link building

    Pada intinya teknik ini sama persis dengan pembahasan pertama yaitu meminta orang lain untuk mengubah link tertentu. Sebelum berlanjut, mari menyimak pengertianya terlebih dulu. Broken link adalah link dari suatu halaman situs ke situs lain yang sudah mati. Maksudnya saat diklik maka halaman tersebut sudah tidak ada. Inilah peluang untuk memperoleh backlink yang berkualitas tinggi tanpa bersusah payah lagi. Caranya, menawarkan perbaikan dengan memberikan link situs utama kita sebagai alternatif kepada pemiliknya. Tentu backlink semacam ini lebih berkualitas dibanding menanam banyak backlink pada komentar atau melalui teknik link exchange. Salah satu tools pendukung yang bisa digunakan untuk mencari broken link yakni Wayback Machine.

    8. Lewat website direktori

    Jenis website direktori memang banyak sekali baik di tingkat lokal maupun internasional. Meski termasuk backlink yang berkualitas tinggi, tetaplah hati-hati karena tidak semuanya memberikan dampak positif terhadap sebuah situs. Misalnya web direktori dengan topik beragam, tidak ada aktivitas pengunjung hingga ketiadaan seleksi terhadap situs situs yang terdaftar maka dapat dipastikan bila direktori tersebut tidak cocok dijadikan backlink. Oleh karenanya, pilih yang benar-benar memiliki aktivitas pengunjung maupun terdapat seleksi ketat saat mendaftarkan sebuah situs.

    Baca juga  Apa Itu Social Bookmarking, Pengertian Jenis Manfaat Social Bookmarking

    9. Link dari halaman relevan

    Backlink bersumber dari halaman relevan akan sangat berkualitas apalagi jika membahas topik yang sama. Hal itu disebabkan oleh relevanasi antar situs dimana akan berdampak positif dan tak jarang mampu menaikkan peringkat rangking di search engine. Jadi, mencari backlink yang berkualitas dari halaman relevan lebih dianjurkan ketimbang melalui situs situs dengan pembahasan umum atau berbagai jenis topik. Tapi lihat juga reputasi, kesamaan bahasa maupun sifat pengunjungnya apakah aktif atau pasif.

    10. Backlink  lewat Jasa SEO

    Faktanya, penyedia Jasa SEO pasti mengerti teknik White hat SEO dalam rangka membangun backlink yang berkualitas tinggi. Biasanya mereka lebih berfokus pada kualitas tautan link dibanding kuantitas backlink. Maka dari itu, jika anda merasa kesulitan mencari teknik link building yang benar alangkah baiknya menyerahkan pada penyedia jasa SEO terpercaya. Ingat! tetap waspada karena tidak semua jasa SEO kompeten di bidangnya. Cobalah lebih dulu melihat review beberapa pelanggan, membaca kualitas setiap halaman situsnya atau mengecek apakah situs penyedia jasa SEO yang dipilih menempati posisi teratas di SERP.

    Ciri dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO konten 2

    Kini, kita sudah memahami konsep dasar ciri dan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi meski sebenarnya masih ada beberapa teknik lagi yang tidak disebutkan secara spesifik. Terakhir, perhatikan pula tips khusus saat menerapkan backlink seperti membangun link ke homepage atau artikel, mempergunakan anchor text beragam (mulai nama situs, keyword, frase umum, turunan dan lain-lain), membuat konten berkualitas untuk content sharing platform serta strategi diversifikasi website yaitu tidak selalu monoton mencari tautan backlink berkualitas pada satu website saja.

    Hubungi Kami

    Call Center :
    Phone: 0822-1914-1914
    Whatsapp: 0877-2471-5000
    BBM: 5FC5B65A

    Jam kerja:
    Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00

     

    13 + 3 =

    Visited 636 times, 1 Visit today

    About SEON INDONESIA information

    Check Related Posts

    Kirim Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    /* */